Selasa, 22 November 2011

Memulai Usaha Flanel

Memulai usaha itu gampang-gampang susah.. Relatif kalau kata orang.. Tergantung dari apa jenis usaha yang mau kita geluti dan bagaimana kita mau menjalankan usaha itu.
Saya ada beberapa tips untuk memulai sebuah usaha (baik single fighter ataupun teamwork):
  1. Pilih usaha yang kita kuasai bidangnya. Ini poin terpenting nih dalam memulai sebuah usaha. Bidang usaha kita nantinya paling tidak harus kita kuasai terlebih dahulu. Contoh saja usaha handmade, kalau kita bukanlah orang yang terampil membuat sebuah handmade, jangan coba-coba memulai usaha handmade, apalagi single fighter. Kalau usaha kita dijalani dengan tim, usahakan salah satu anggota tim terampil dalam bidang handmade. 
  2. Buatlah visi dan misi usaha. Visi dan misi usaha ini penting loh untuk kelangsungan usaha kita. Kalaulah kita hanya iseng2 membuat usaha, tanpa ada visi dan misi, rasanya semangat untuk mengembangkan usaha akan pudar seiring dengan keisengan kita yang telah berkurang. Visi seperti apa yang mau kita bangun dengan adanya usaha kita, misalnya saja usaha handmade, bisa saja kita mengusung visi memberdayakan limbah atau barang bekas untuk dijadikan barang bernilai jual dan memberikan lapangan pekerjaan untuk masyarakat. Nah, inilah yang bisa menjadi pompa semangat bisnis kita. Sampai kapanpun, insha Allah akan terus bertambah semangat kita. Sedangkan misi, kita perlu tahu langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mencapai visi kita. Misalnya misi yang kita miliki adalah: 1) Mengurangi limbah dan sampah dengan membuat barang daur ulang; 2) Menciptakan barang bernilai jual dengan estetika yang tinggi hingga menjadi barang bernilai jual tinggi dan 3) Menjadi ladang rezeki untuk masyarakat. Jadi, buatlah visi dan misi usaha kita sesuai dengan semangat kontribusi, baik kontribusi untuk keuangan pribadi, maupun untuk masyarakat.
  3. Buat Logo. Pembuatan logo ini berfungsi sebagai pengenal usaha kita. Contoh saja, usaha kita bergerak di bidang handmade, kita memakai logo yang berhubungan dengan handmade, seperti jarum, mesin jahit, dll.
  4. Tentukan cara menjalankan usaha. Bagaimana kita ingin menjalankan usaha yang kita miliki, apakah dengan membuat sebuah toko galeri (cara ini membutuhkan budget awal yang cukup tinggi karena harus mempersiapkan tempat sebagai galeri atau counter usaha) atau dengan cara yang saat ini sedang berkembang dan cukup efisien dengan penjualan online. Kamu cukup membuat sebuah akun di jejaring sosial dan membuat blog sebagai sarana menjalankan usaha.
  5. Tetapkan kapan memulai. Tinggal tentukan waktu yang tepat untuk memulai usaha, yaitu SEKARANG. Iya, sekaranglah saatnya kita memulai usaha. Berdaya guna untuk diri sendiri dan orang lain. Dan perkenalkanlah, RUMAH53154. Usaha yang bergerang di bidang handmade, khususnya boneka miniatur dari bahan flanel. Lets enjoy felting everybody.. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar